Bersaing PKM, STIE Widya Gama Maksimalkan Potensi

WiGa,-STIE Widya Gama Lumajang akan memanfaatkan segala potensi yang ada pada Ajang PKM (Program Kretivitas Mahasiswa) 2018 yang digelar rutin oleh KemenristekDikti. Berbagai persiapan telah dilakukan, dengan melibatkan berbagai pihak yang sudah berkompenten dan  sudah berpengalaman  di bidangnya. Diharapkan juga akan  berdampak terhadap hasil yang diperoleh  nantinya.

Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Ratna Wiajayanti Daniar Paramita, SE. MM  mengatakan pihaknya  akan memanfaatkan peluang PKM ini. ‘’ Meskipun harus bersaing dengan perguruan tinggi  baik negeri maupun swasta  se-Indonesia,’’ katanya serius. Seraya menambahkan, pihaknya juga telah  menyiapkan berbagai hal yang mendukung maksimalisasi potensi  yang ada di lingkup STIE Widya Gama  dalam PKM 2018. ‘’ Tentu terus mendorong mahasiswa untuk terlibat langsung dan ikut serta dalam PKM secara optimal,’’ imbuhnya.

Lantas  Ratna Wijayanti Daniar Paramita mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa tenaga   Dosen ditunjang yang lainnya untuk  terus memberikan dukungan  terhadap  keikutsertaan  pada PKM ini. ‘’ Dosen-dosen yang berkompenten dan berpengalaman  telah siap untuk   mengawal potensi dalam bersaing pada  PKM ini,’’  tambahnya serius. Tentu saja dengan harapan  maksimalisasi potensi ini berdampak terhadap perolehan hasil nantinya. ‘’ Tetap optimis menjadi lebih baik dibanding sebelumnya,’’ tandasnya.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi KemenristekDikti dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa  Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional. (Nul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *