Boleh Ngantor Dulu, Tidak Harus Langsung Pengusaha

WiGa,- Menjadi seorang wiraswasta atau pelaku  wirausaha tidak harus  langsung terjun di dalamnya. Boleh-boleh saja  ngantor dulu  alias menjadi orang kantoran dulu  baru kemudian  mencoba untuk terjun menekuni usaha sendiri. Dengan harapan  menambah bekal  sebelum menjadi pengusaha sebenarnya. Karena tantangan yang dihadapi oleh mereka yang berniat terjun menjadi pengusaha tidaklah mudah. Penuh dengan tantangan  dan kendala  yang menghadang dan harus dilewati.

Hal ini disampaikan Imam Mashadi, SE pengusaha sukses dari Lumajang dalam Talk Show kewirausahaan  di Kampus STIE Widya Gama Lumajang. ‘’ Sah-sah saja  bekerja di kantor dulu sebagai staf misalnya,’’ kata Imam Mashadi. Untuk kemudian  menekuni  dunia pengusaha sebenarnya. ‘’ Bagus juga kalau demikian,  karena  akan banyak pengalaman dan ilmu,’’ tambahnya. Pengalaman dan ilmu ini nanti diharapkan  mampu menjadi motivasi  dan bekal kelak ketika menjadi pelaku wirausaha di masyarakat.

Imam Mashadi mengungkapkan ketika seseorang  terjun dalam dunia usaha, maka  akan berhadapan dengan ketidakpastian. ‘’  Kalau di kantoran  sudah jelas  berapa nominal yang mesti diperoleh,’’ paparnya. Kalau di dunia pengusaha  berapa nominal  pendapatan yang diperoleh  setiap bulannya   belum jelas. ‘’ Bisa melebihi  yang kerja di kantoran, namun juga   bisa di bawahnya,’’tandasnya. Ketidakpastian ini memang  akan terjadi. ‘’ Bekal  pengalaman pernah bekerja di kantoran diharapkan menjadi bekal  survival di tengah ketidakpastian ini,’’ imbuh alumni STIE Widya Gama Lumajang serius. (Anisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *