WiGa,- Semua pihak, utamanya  dunia pendidikan tinggi  mesti  mempunyai  perhatian lebih terhadap HKI (Hasil Kekayaan Intelektual).  Betapa tidak, ternyata dalam perkembangannya  HKI  menjadi kebutuhan dan tidak bisa dipandang sebelah. Karena berbagai manfaat dan  hal positif yang diperoleh  ketika serius memposisikan HKI sebagai poros utama lembaga pendidikan tinggi.

Hal  ini disampaikan oleh Dra Supadmi, Kepala Perpustakaan  STIE Widya Gama Lumajang di tengah-tengah mengikuti Seminar dan Workshop di Universitas  Jember, Selasa (21/11/2017). ‘’ Dari Seminar tersebut  ada beberapa manfaat dan hal positif dari HKI ini,’’ kata Supadmi. Manfaat  itu, antara lain,  sebagai sumber rujukan terkini, menilai trend  tekhnologi. ‘’ Selain itu sebagai  monitoring  competitor,’’ lanjutnya seperti yang disampaikan  salah satu pemateri. Selain itu, HKI merupakan elemen  kunci  di dalam menciptakan  daya saing  dan atau  nasional / internasional. Seraya menambahkan, saat ini ada trend perubahan fungsi HKI  yaitu dari fungsi perlindungan menjadi elemen kunci strategi pembangunan bangsa atau pengembangan usaha. Sementara untuk peningkatan mutu penelitian nantinya di setiap penelitian oleh dosen/peneliti diharapkan akan melibatkan pustakawan sebagai mitra

Seminar dan Workship sendiri  mengusung tema ‘ Optimalisasi Pengelolaan  Hasil Karya Intelektual Perguruan Tinggi    Dalam Mendukung  Kualitas Publikasi Ilmiah’ dan ‘ Pengelolaan Hasil Intelektual di Perguruan Tinggi : Aspek Hukum dan Aplikasinya’. Dengan nara sumber yaitu, Suwitno (Ka. Subdirektorat Pengelolaan Karya Intelektual, KemenristekDikti) dan Firman Ardiyansyah, SKom, MSi ( Dosen dan Pengelola IPB Sciencitific Repository). (Nul)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *