Launching Buku ‘ Kemiren’, Sisi Lain Workshop Penulisan Buku Ajar PT

Dua Dari Tiga (Ratna Wiajayanti Daniar Paramita, SE.MM-dua dari kiri dan Muchammad Taufiq, SH,MH - dua dari kanan bersama Duta Kampus 2017) Penulis Buku 'Kemiren, Potret Budaya Adat Osing '

WiGa,- Di tengah-tengah acara Workshop Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi di STIE Widya Gama Lumajang (18/11/2017) di-launching buku ‘Kemiren, Potret Budaya Adat Osing’, penulis buku ini adalah Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE.MM, Noviansyah Rizal, SE.MM dan Muchammad Taufiq, SH.MH. Launching ditandai dengan pembagian buk kepada seluruh peserta workshop secara gratis.

Menurut Muchammad Taufiq, SH.MH, buku ini merupakan Luaran Hibah Hibah Terapan tahun 2017. ‘’ Buku ini  ditujukan kepada para pecinta dan pelaku seni khususnya,’’ paparnya. Namun juga bisa menjadi referensi bagi siapa saja. ‘’ Seni adalah universal,  tentu harapannya buku ini memberikan manfaat,’’ tambahnya. Khususnya sebagai salah satu referensi dan pijakan dalam wawasan seni.

Buku ini  berisi pandangan  tentang seni di Banyuwangi khususnya Kemiren. Samsul, Pelaku Budaya Kemiren  mengungkapkan, hingga kini adat budaya suku Osing yang masih sangat kental. ‘’ Masyarakat dengan kesadaran dan semangat  berbudaya yang tinggi ikut berperan serta dalam upacara-upacara adat yang dilaksanakan secara rutinitas,’’ tambah Samsul, dalam cuplikannya di halaman belakang buku ini. Begitu juga dengan Hasnan Singodimayan, Tokoh Budayawan Osing. Hasnan mengatakan seni adalah seni. ‘’ Ritual dan tradisi juga berbeda,’’   tambah Hasnan. (Nul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *