//Penelitian dan Abdimas Penentu Keberlangsungan PT

Penelitian dan Abdimas Penentu Keberlangsungan PT

WiGa,- Saat ini,  kegiatan  penelitian dan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi  menjadi salah satu penentu keberlangsungan PT (Perguruan Tinggi).  Karena pada akhirnya  dua hal tersebut  selain pengajaran   yang dikenal dengan Tri Darma Perguruan  Tinggi menjadi pilar utama dalam penilaian  akreditasi yang ada di perguruan tinggi. Berlangsung  lagi atau malah sebaliknya, terhenti.

Hal ini disampaikan Jessi Irwanto, MSi, Sekretaris P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STIE Widya Gama Lumajang  di sela-sela mengikuti Workshop Manajemen Kinerja Penelitian Bagi LPPM Perguruan Tinggi  Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah VII  di Surabaya, 12 – 14 Maret 2018. ‘’ KementistekDikti  memang terus melakukan monitoring dan evaluasi  berkaitan dengan  Tri Darma PT,’’  kata Jessi.

Lebih lanjut Jessi  menambahkan, Koordinator Kopertis VII Prof Soeprapto  mengungkapkan   sudah beberapa  perguruan tinggi di Indonesia  yang tidak terakreditasi. ‘’ Jika sampai 6 Oktober 2019 tidak terakreditasi  maka dicabut izinnya,’’ tambah Jessi. Salah satu  pertimbangannya adalah keberadaan penelitian dan pengabdian masyarakat. ‘’Penekanannya untuk Pengabdian masyarakat harus berbasis penelitian sendiri,’’ imbuhnya.

Workshop diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII. Kegiatan dihadiri oleh 50 baik universitas, institut, sekolah tinggj maupun akademi di wilayah Kopertis VII.

By | 2018-03-12T05:08:47+00:00 March 12th, 2018|Berita dan Publikasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment