Profil Lembaga


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Widya Gama Lumajang


L ambang STIE Widya Gama Lumajang, dirupakan sebagai lingkaran segi lima dengan dasar hitam yang bertuliskan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang dalam lingkaran segi lima ada lingkaran bulat berwarna hijau muda bergambarkan tugu, buku, daun tembakau, padi, kapas, dan gunung berapi serta petak sawah.

S Secara keseluruhan lambang tersebut memberikan arti bahwa STIE Widya Gama Lumajang, berlokasi di wilayah Kabupaten Lumajang dan bertujuan untuk membangun, masyarakat seutuhnya, cerdas pikiran, cerdas spiritual, serta mewujudkan kemandirian dalam menciptakan lapangan pekerjaan, profesional dalam bertindak dan bersikap terhadap tantangan masa depan

ARTI LAMBANG
  • Lingkaran luar persegi lima melambangkan falsafah Negara Pancasila.
  • Warna dasar hitam pekat dengan strip putih bermakna karakter yang mantap, tagas, kuat, dan berwibawa.
  • Warna dasar dari lambing almamater hijau muda bermakna kepribadian yang segar, tenang, bertoleransi yang tinggi dan sikap anggun.
  • Gambar buku warna kuning menunjukkan identitas dari Perguruan Tinggi ini mengkhususkan pada displin ilmu ekonomi, dengan dipertegas pada STIE pada pita pendek berwarna putih.
  • Gambar petak sawah, padi kapas dan tembakau menunjukkan ciri khas kabupaten Lumajang yang merupakan daerah agraris yang mencerminkan kesejahteraan.
  • Gambar tugu nasional kota Lumajang menunjukkan monumental daerah dengan menandai Lumajang sebagai Ibu Kota Kabupaten.
  • Gambar gunung berapi menunjukkan bahwa Lumajang mempunyai gunung Semeru yang merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa, dengan nyala apinya di puncak menunjukkan dinamika yang menjiwai setiap unsur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

PENDIDIKAN


Sistem Pendidikan

Sesuai dengan Sistem pendidikan yang diterapkan di Perguruan Tinggi Indonesia, maka Sistem pendidikan yang dianut oleh STIE Widya Gama Lumajang adalah Sistem kredit dengan standar paket per semester, atau SKS murni diperuntukkan bagi mahasiswa yang IPKnya diatas 3,00. Sistem penyelenggaraan pendidikan mahasiswa sudah terprogram di KRS (Kartu Rencana Studi) serta beban penyelenggaraan pendidikan dinyatakan dalam kredit. Dengan pelaksanaan Sistem kredit ini diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan studinya tepat waktu, menempuh mata kuliah di semester atasnya, dan dapat mengulang nilai yang tidak lulus pada semester berikutnya.

Penilaian Prestasi

Sebagai alat evaluasi keberhasilan studi mahasiswa dilakukan melalui penyelenggaraan ujian, pemberian tugas, praktek laboratorium dan kuliah kerja lapangan. Pelaksanaan ujian di STIE Widya Gama Lumajang dilakukan dalam bentuk seperti :

  • Ujian tulis (teori), UTS, UAS, UPM.
  • Ujian praktik (skripsi, seminar, KKN, penelitian, dll).
  • Tugas resume (telaah buku literatur atau akses via internet).
  • Diskusi kelas/role playing
  • Praktik laboratorium.

    Perkuliahan

    Perkuliahan diatur sbb :
    • Pagi : Pukul 07.30 s/d 10.30 WIB
    • Siang : Pukul 12.00 s/d 15.00 WIB.
    • Sore : Pukul 15.00 s/d 18.00 WIB.
    • Malam : Pukul 18.00 s/d 21.00 WIB.
      STIE

      Widya Gama Lumajang

      PENELITIAN


      Tujuan

      Penelitian di STIE Widya Gama Lumajang bertujuan untuk meningkatkan mutu mata kuliah, memperbaiki referensi ilmu-ilmu ekonomi dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, menunjang pembangunan nasional maupun daerah. Penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan mutu mata kuliah mengharuskan adanya kaitan antara materi kuliah dengan bidang-bidang ekonomi yang teliti sehingga mata kuliah akan selalu relevan dan up to date dengan kenyataan yang sedang berkembang di masyarakat.

      Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan ekonomi adalah sejalan dengan funsgsi perguruan tinggi sebagai pemelihara dan pengembang ilmu pengetahuan, untuk mencapai tujuan di atas maka keterlibatan tenaga-tenaga edukatif mutlak diperlukan.Dengan demikian maka dampak dari penelitian itu tidak hanya merupakan sumbangsih terhadap pengembangan terhadap ilmu pngetahuan saja, tetapi harus diabdikan bagi kepentingan masyarakat dan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi si peneliti (mahasiswa) itu sendiri.Disamping itu pula penambahan buku-buku pendukung penelitian dari segi permasalahannya maupun exemplarnya sangat dibutuhkan kelengkapannya.Selain itu pertemuan-pertemuan ilmiah mutlak diadakan seperti seminar, diskusi, temu karya, dan lain-lain perlu digalakkan sehingga dimungkinkan adanya masukan baru bagi penyempurnaan suatu hasil penelitian.

      Sasaran

      Sasaran yang ingin dicapai dibidang penelitian adalah meningkatkan penelitian secara kualitas maupun kuantitas.Sasaran kuantitatifnya telah melibatkan tenaga-tenaga edukatif maupun mahasiswa dalam kegiatan penelitian yang dilakukan secara institusional, interdisipliner maupun individu.

      Sedangkan sasaran kualitatifnya adalah melakukan penelitian terapan yang dikaitkan dengan mengembangkan suatu system atau ilmu penelitian terapan yang dikaitkan dengan pengabdian kepada masyarakat, misalnya berupa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) yang untuk sementara waktu telah dilaksanakan diberbagai kawasan desa-desa terpencil atau kecamatan di wilayah kabupaten Lumajang.

      PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT


      Tujuan

      Pengabdian kepada masyarakat di STIE Widya Gama Lumajang bertujuan untuk mengambangkan sumber daya manusia melalui pengalaman ilmu secara institusional dan profesional dalam rangka membangkitkan kesadaran masyarakat tentang peran serta mereka dalam proses pembangunan. Bahwa potensi terbesar dari sumber daya manusia terletak di pedesaan, maka pengabdian kepada masyarakat diarahkan pada pengembangan masyarakat sektor pedesaan. Disamping itu program pengabdian masyarakat akan sangat membantu kepekaan tenaga-tenaga Dosen dan Mahasiswa terhadap berbagai masalah dan persoalan yang timbul dalam masyarakat.

      Sasaran

      Sejalan dengan peranan Perguruan Tinggi sebagai Agent of Innovation maka kegiatan pengabdian masyarakat perlu diintensifkan, khususnya dalam membantu program-program Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang, baik dalam bentuk penyuluhan, palatihan maupun dalam bantuk bakti masyarakat/ bakti sosial yang relevan dengan disiplin ilmu yang ditekuni yakni bidang ilmu ekonomi, baik kajian akuntansi maupun kajian manajemen sehingga diharapkan ada kontribusi positif terhadap pemberdayaan masyarakat menuju tatanan yang lebih baik.

      Bentuk pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan antara lain sebagai berikut:

      • Sebagai Tim Audit Internal BKM/UPK bekerja sama dengan PNPM Mandiri kabupaten Lumajang dan BAPPEDA Kabupaten Lumajang.
      • Tim Pemantau Independen Ujian Nasional (TPI-UN) tingkat SLTP dan SLTA (kerjasama lintas PT se kabupaten Lumajang).
      • Aksi Donor Darah melalui lnstitusi PMI.
      • Pekan Pasar Murah di Kampus tiap bulan Ramadhan.
      • Kuliah Kerja Nyata di desa di wilayah kabupaten Lumajang.
      • Tim Penilai kompetensi bidang ilmu Akuntansi di SMK
      • Dll