STIE WiGa Diharapkan Berkontribusi Penguatan BUMDes

WiGa,- STIE Widya Gama Lumajang  khususnya dan  lembaga pendidikan tinggi umumnya diharapkan mampu memberikan kontribusi   terhadap penguatan BUMDes (Badan Usaha  Milik Desa).  Hal ini  memang selaras dengan  keberadaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang memang menjadi roh bagi setiap pendidikan tinggi.

Hal ini  disampaikan  oleh M Hudi Setyobakti SE, MM  Dosen STIE Widya Gama Lumajang  di sela-sela  acara  forum diskusi yang diselenggarakan  Forum Kajian  Pembangunan Desa Lumajang  bareng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  baru-baru ini. ‘’  Acara  tersebut memang menjadi ajang dialog antara pelaku pegiat desa, Akademisi dan Birokrasi,’’  jelas Hudi. Diskusi sendiri  berlangsung gayeng  dengan memberikan ruang kepada masing  pihak untuk mengeluarkan pandangan dan pemikirannya.

Dari diskusi ini,  lanjut Hudi mampu  menghasilkan out put. ‘’ Output kegiatan supaya  ada satu persepsi dan semangat yang sama, pentingnya  membangun ekonomi desa melalui BUMDesa,’’ tambahnya. Selain itu  akan ada tindaklnjut yg mmpertemukan pelaku BUMDes dengan  para pihak terutama forum pngusaha agar dpt terbangun sinergi yg kuat dlm mmbngun desa. Forum ini bersifat mendekatkan akses informasi, peluang dan bahkan kerjasama. Selain itu ‘’ Di sinilah peran STIE Widya Gama Lumajang sebagai  akademisi dan bagian tak terpisahkan dari dinamisasi  BUMDes menjadi hal krusial,’’tandasnya. Apalagi  Lumajang mempunyai potensi yang perlu dioptimalkan. ‘’ Khususnya untuk  mengangkat ekonomi lokal desa,’’ tukas Hudi panggilan akrabnya. Salahsatunya adalah mmbangun BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). (Nul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *